E-LEARNING

MEMBUAT E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI I-SPRING SUITE 8


Definisi E-Learning

  1. Silahudin (2015), E-learning merupakan pendekatan pembelajaran melalui perangkat komputer yang tersambung ke internet, dimana peserta didik berupaya memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Jaya Kumar C. Koran (Yazdi :2012), mendefinisikan e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. 
  3. Yazdi (2012) , e-learning adalah proses pembelajaran yang dituangkan melalui teknologi internet. 

Cisco (Yazdi : 2012) menjelaskan filosofis e-learning sebagai berikut. Pertama, elearning merupakan penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan, pelatihan secara on-line. Kedua, e-learning menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional (model belajar konvensional, kajian terhadap buku teks, CD-ROM, dan pelatihan berbasis komputer) sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi. Ketiga, e-learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan content dan pengembangan teknologi pendidikan. Keempat, Kapasitas siswa amat bervariasi tergantung pada bentuk isi dan cara penyampaiannya. Makin baik keselarasan antar conten dan alat penyampai dengan gaya belajar, maka akan lebih baik kapasitas siswa yang pada gilirannya akan memberi hasil yang lebih baik.

Sedangkan Karakteristik e-learning, antara lain :

  • Memanfaatkan jasa teknologi elektronik; di mana guru dan siswa, siswa dan sesama siswa atau guru dan sesama guru dapat berkomunikasi dengan relatif mudah dengan tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler.
  • Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan computer networks). 
  • Menggunakan bahan ajar bersifat mandiri (self learning materials) disimpan di komputer sehingga dapat diakses oleh guru dan siswa kapan saja dan di mana saja bila yang bersangkutan memerlukannya. 
  • Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer. 
Untuk dapat menghasilkan elearning yang menarik dan diminati, Onno W. Purbo (Yazdi : 2012) mensyaratkan tiga hal yang wajib dipenuhi dalam merancang elearning, yaitu : sederhana, personal, dan cepat. 

Menurut Munir (Silahudin : 2015), Pembelajaran dengan E-Learning memiliki banyak kelebihan, seperti berikut:

  1.  Memberikan pengalaman yang menarik dan bermakna bagi peserta didik karena kemampuannya dapat berinteraksi langsung, sehingga pemahaman pemahaman terhadap materi pembelajaran akan lebih bermakna, mudah dipahami, mudah diingat dan mudah pula untuk diungkapkan kembali. 
  2. Dapat memperbaiki tingkat pemahaman dan daya ingat seseorang. (retention of information) terhadap knowledge yang disampaikan, karena konten yang bervariasi , interaksi yang menarik perhatian, dan adanya interaksi dengan e-learner dan einstructor yang lain. 
  3. Adanya kerja sama dalam komunitas online, sehingga memudahkan berlangsungnya proses transfer informasi dan komunikasi, sehingga setiap element tidak akan kekurangmeningkatkan interaksi an sumber atau bahan belajar. 
  4. Administrasi dan pengurusan yang terpusat, sehingga memudahkan dilakukannya akses dalam oprasionalnya. 
  5. Menghemat atau mengurangi biaya pendidikan, seperti berkurangnya biaya untuk membayar pengajar atau biaya akomodasi dan transfortasi peserta didik ketempat belajar. 
  6. Pembelajaran dengan dukungan internet membuat pusat perhatian dalam pembelajaran tertuju pada peserta didik, sebagaimana ciri pokok E-Learning. Ini berarti dalam pembelajaran peserta didik tidak bergantung sepenuhnya kepada pengajar.


Wahono(Silahudin : 2015), dampak positif lainnya lain dari penggunaan E-learning dalam pendidikan adalah diantaranya sebagai berikut: 

  1. Fleksibel karena siswa dapat belajar kapan saja, di mana saja, dan dengan tipe pembelajaran yang berbeda-beda. 
  2. Menghemat waktu proses belajar mengajar .
  3. Mengurangi biaya perjalanan.
  4. Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, bukubuku)
  5. Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

Rosenberg (Silahudin : 2015) , pendekatan metode E-Lerning ini juga didapati beberapa kelemahannya diantaranya sebagai berikut: 

  • Karena E-learning menggunakan teknologi informasi, tidak semua orang terutama orang yang masih awam dapat menggunakannya dengan baik.
  • Membuat E-learning yang interaktif dan sesuai dengan keinginan pengguna membutuhkan programming yang sulit, sehingga pembuatannya cukup lama. 
  • E-learning membutuhkan infrastruktur yang baik sehingga membutuhkan biaya awal yang cukup tinggi. 
  • Tidak semua orang mau menggunakan E-learning sebagai media belajar. 
  • SDM yang sangat terbatas sehingga tidak semua orang bisa menggunakannya. 
Bagaimana cara membuat e-learning dengan I-spring suite 8 ??????
Berikut tata cara membuat e-learning  dengan I-spring suite 8 :

1.  Untuk membuat e-learning, diwajibkan komputer dalam keadaan on internet
2.  Hidupkan komputer, pilih/klik i-spring suite 8. seperti gambar berikut


3.  Setelah itu , maka akan muncul 



4.  Klik browser, kemudian pilih file Power Point Text yang diinginkan, klik open.

5.  Setelah selesai, maka akan muncul ppt. Lalu klik i-spring suite 8.


6.   Lalu, klik gambar publish  yang berada di kiri atas.


7.  Jika sudah diklik publish, maka akan muncul gambar berikut.

8.  Klik change, maka akan muncul gambar berikut
      
9. Lalu klik "sign in account" yang berwarna biru ,maka kan muncul gambar berikut, kemudian klik ok.
10. Jika selesai, maka akan muncul  gambar berikut, kemudian isi kotak sesuai petunjuk, kemudian klik "continue"

11. Bila sudah diklik continue, maka akan muncul gambar berikut, lalu isi kotak-kotak sesuai petunjuk. Lalu, klik kotak berwarna hijau .

12. Bila sudah selesai, maka akan ada pemberitahuan  pada alamat email yang dimasukkan sebelumnya seperti gambar berikut.
13. Buka pemberitahuan yang terdapat pada email. Jika dibuka, maka akan ada keterangan seperti berikut.

14. Buka kembali ppt yang sebelumnya,  kemudian isi kotak sesuai dengan keterangan yang ada pada email  dengan lengkap seperti gambar berikut. Lalu klik ok


15. Langkah selanjutnya, maka akan muncul gambar berikut. lalu klik publish yang berada di bawah.


16. Setelah diklik publish, maka akan muncul gambar berikut. Lalu klik ok.

17. Setelah selesai maka akan muncul gambar berikut, tunggu  sampai gambar tersebut hilang.


18. Jika selesai, maka akan muncul gambar berikut. Lalu klik manage content.

19. Jika selesai, maka akan muncul gambar berikut. Lalu klik view untuk melihat hasil apakah yang dipublish itu lengkap atau tidak.





SELAMAT MENCOBA KAWAN !!!!

DAFTAR PUSTAKA 

Silahuddin. 2015. Penerapan E-LEARNING dalam Inovasi Pendidikan . Jurnal Ilmiah CIRCUIT Vol. 1 No. 1 Juli 2015.
Yazdi,Mohammad . 2012.  E-Learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek Vol. 2, No. 1, Maret 2012 .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahukah anda ,,,,SCANNER ?????

TEAM VIEWER ...PENOLONG MANUSIA !!!

SKYPE ,,,,CARA MUDAH UNTUK BERKOMUNIKASI !!!