ISPRING SUITE 8


MMI MELALUI ISPRING SUITE 8



Multimedia pembelajaran  dapat digunakan untuk belajar mandiri para siswa. Bahkan, dalam beberapa situasi dan kondisi tertentu, media pendidikan dapat menggantikan sebagian tugas guru, terutama untuk penyajian bahan untuk belajar. Namun, hendaknya dengan adanya multimedia pembelajaran guru juga siap untuk memiliki kemampuan tambahan, minimal dapat mengoperasikan multimedia pembelajaran tersebut sehingga produk multimedia tidak hanya menjadi hiasan semata apalagi kalau merupakan hasil produksi dari pemerintah (Miarso dalam http://www.lumpiastudio.com/episode-1-seri-pembuatan-multimedia-pembelajaran-interaktif-mpi-dengan-ispring-flash-dan-powerpoint-pengenalan-dan-penginstalan/).
Baiklah untuk pembahasan kali ini yaitu penggunaan iSpring sebagai aplikasi utama untuk membuat MMI. Aplikasi iSpring fungsinya adalah untuk memasukkan interaktivitas tambahan dalam Microsoft Powerpoint dan mengekspor powerpoint ke beberapa format tertentu (disarankan menggunakan Powerpoint 2007 ke atas). Untuk versi yang terbaru, sudah dapat dlakukan eksport untuk mobile dalam format HTML5. Interaktivitas tersebut dapat berupa animasi Flash (.swf), kuis, video khususnya .flv dan dari Youtube, dan sebagainya. iSpring tersedia dalam dua versi yakni untuk versi free dan versi pro. Kalian bisa mencoba versi free terlebih dahulu. Tentunya karena free atau gratis, versi ini memiliki beberapa keterbatasan. Untuk bisa menuju pro, kalian harus membeli lisensi legal dari pengembang aplikasinya.
ISpring Presenter merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi menjadi bentuk flash dan bentuk SCORM / AICC, yaitu bentuk yang biasa digunakan dalam pembelajaran dengan e-learning LMS (Learning management System). Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan berbayar.

Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft power point sehingga penggunaannya tidak membutuhkan keahlian yang rumit. Beberapa fiturIspring Presenter adalah :
1.    Ispring Presenter bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform.
2.    Dikembangkan untuk mendukung e-learning. Ispring Presenter dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang unik.
3.    Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web.

4.    Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu : True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text.
Saat kita membuat media pembelajaran dalam format flash dengan kelebihan ispring:
a.    Bagi seorang guru tentunya membuat suasana kelas menjadi kelas yang menarik dan tidak membosankan adalah idaman, salah satunya dapat diwujudkan dengan membuat media pembelajaran berbasis IT, dulu hanya mengandalkan presentasi powerpoint, sekarang lebih baik jika menggunakan presentasi dengan menggunakan file flash
b.    Kelebihan file flash, filenya kecil sehingga mudah di upload/download di web,
c.     File pendukung tidak perlu disertakan, sehingga kemungkinan di copas orang lain kecil banget kemungkinannnya. Terlebih di era sertifkasi guru, maka kita akan merasa kecewa berat kalo karya-karya kita di copas orang lain.
d.    Namun sepertinya kalo menyebut file flash, adalah hal yang sangat rumit, tetapi hal itu menjadi sangat mudah hanya dengan bantuan sebuah software yang bernama ISPRING FREE. iSpring Free adalah software yang dapat digunakan untuk merubah file Powerpoint ke dalam bentuk Flash Movie. iSpring membuat soalah-olah persentasi yang kita buat,dibuat menggunakan adobe flash. Software ini adalah free alias gratis untuk versi standart. Sedangkan yang versi Pro harus berbayar.
e.    Membuat format Flash menjadi sangat mudah,yang mana file flash ini digunakan dan dioptimalkan untuk file share di web. Sangat kompetible untuk pengunjung web mengakses file flash dengan Ispring Free ini di web dengan browser apapun.

Menu utama yang ada dalam iSpring Presenter adalah:
·         Publish                            : Mengatur publikasi presentasi.
·    Presentation              : Pengaturan/manajemen presentasi, presenter, dan tautan/link.
·         Narration                       : Pengaturan narasi video/audio, dan sinkronisasi narasi
·         Insert                               :  Menyisipkan Flash, Quiz, dan video youtube.
·         About                             :  Info Tentang Sofware, Bantuan, dan update software.


Ada 2 cara publikasi presentasi, yaitu :

1.   Quick Publish : Publikasi ke bentuk flash dengan pengaturan mengikuti default dari program
     Caranya :
  • ·         Isi nama output Flash movie pada field Presentation Title.
  • ·         Tentukan folder lokal atau network share dimana presentasi akan disimpan.
  • ·         Jika sudah selesai, klik tombol publish.

 2.    Publish : Publikasi dengan pengaturan/setting yang ditentukan sendiri oleh user            dibagi menjadi beberapa pilihan, yaitu :
  • Publish Presentation to My Computer – Publikasi ke folder pada komputer lokal
  • Publish Presentation to Slide Boom – Publikasi melalui web/upload presentasi pada     portal online dan menampilkan pada worldwide.
  • Publish Presentation to Web/FTP – Upload presentasi ke server FTP.
  • Send Presentation via E-Mail – Mengirim presentasi melalui email.
Supaya lebih memahaminya, berikut salah satu contoh pembuatan MMI melalui Ispring Suite 8:
1.  BUKA POWER POINT TEXT (PPT)

2.   BUAT 6 SLIDE
·         SLIDE 1 : PEMBUKAAN (ASSALAMUALAIKUM WR.WB)

·         SLDE 2 : IDENTITAS DIRI DISERTAI FOTO

·     SLIDE 3: MATERI YANG AKAN DIPERSEMBAHKAN (MATEMATIKA/ VOLUME TABUNG)

·         SLIDE 4 : MEMPERSEMBAHKAN VIDEO YANG BERKAITAN DENGAN MATERI

·         SLIDE 5 : MEMPERSEMBAHKAN  SOAL MELALUI QUIZ PADA  I SPRING SUITE 8, DENGAN 10 SOAL BESERTA KUNCI JAWABAN

a.    KLIK QUIZ
b.    KLIK GRADED QUESTION, PILIH SOAL YANG DIINGINKAN MISAL “MULTIPLE CHOICE” ISI MULTIPLE CHOICE QUESTION SESUAI MATA PELAJARAN

c.     KLIK ANSWER, KLIK ALTERNATIV TULIS JAWABAN BENAR ATAU PENGECOH

d.    KEMUDIAN KLIK KEMBALI GRADED QUESTION, SEPERTI DI ATAS SEBANYAK 10 KALI
e.    SETELAH SELESAI KEMUDIAN KLIK SAVE AND RETURN TO COURSE

·         SLIDE 6 : PENUTUP



3. BUAT VIDEO RECORD UNTUK SETIAP SLIDE (SEBANYAK 6 SLIDE) DENGAN MENGKLIK VIDEO RECORD YANG SEBELUMNYA KLIK YES UNTUK MENYIMPANNYA. SETELAH ITU KLIK VIDEO RECORD UNTUK MASING-MASING SLIDE . SETELAH SELESAI SELURUHNYA, KEMUDIAN KLIK OK.

4.  KLIK PUBLISH , KLIK WEB  BERI JUDUL PRESENTASI YANG DIINGINKAN PADA “PRESENTATION TITLE” , COTOHNYA “ LATIHAN MMI OLEH NENENG NURUL ULFAH KELAS A”, KEMUDIAN KLIK “BROWSER” UNTUK MENYIMPAN DI FOLDER YANG DIINGINKAN DENGAN CARA MENGKLIKNYA,  KEMUDIAN KLIK “EXECUTABLE”,

·         KLIK ADVANCE

·         KLIK BACKGROUND, KLIK WARNA YANG CERAH

·         UNTUK MENGAKHIRI KLIK PUBLISH YANG BERADA DI BAWAH








DAFTAR PUSTAKA :
http://yogiyudahidayat.blogspot.co.id/2017/05/pembuatan-multimedia-interaktif-dengan.html
http://www.lumpiastudio.com/episode-1-seri-pembuatan-multimedia-pembelajaran-interaktif-mpi-dengan-ispring-flash-dan-powerpoint-pengenalan-dan-penginstalan/
http://nugrahaa167.blogspot.co.id/2016/03/mengenal-ispring-presentation.html

Komentar

  1. Make professional video presentation with Vidpresent
    Easy ,
    Automatically,
    Professional way,

    Vidpresent with discount

    Crypto trading course
    Crypto quantum leap

    Be a professional YouTuber and start your carrier
    Tube Mastery and Monetization by matt

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahukah anda ,,,,SCANNER ?????

TEAM VIEWER ...PENOLONG MANUSIA !!!

CARA MEMBUAT M-LEARNING MELALUI APLIKASI ISPRING SUITE 8