DIGITAL BOOK

MEMBUAT DIGITAL BOOK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PRO




Pengertian Buku Digital Secara Umum
Buku Pada umumnya, buku digital memiliki kesamaan dengan buku konvensional, yaitu memberikan informasi yang berupa teks atau gambar. Yang membedakan diantara keduanya adalah adanya fitur pencarian dalam buku digital sehingga Anda dapat menemukan kata-kata yang dibutuhkan dengan cepat. Buku digital juga memiliki alat khusus untuk membacanya, atau disebut eBook Reader.
  • ·   Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar.
  • ·    Buku digital atau buku elektronik, disingkat e-book, atau ebook, adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku cetak pada umumnya terdiri atas setumpuk kertas dijilid yang berisi teks atau teks dan atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, video.
  • ·   ebook merupakan sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar, maupun suara, dan publikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun alat elektronik lainnya. Seperti komputer, laptop, handphone, dan lain-lain.
  • ·      Sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam, ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format html, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe.

Pengertian Ebook Menurut Para Ahli
Beberapa ahli memberikan pendapat tentang definisi ebook, diantaranya adalah:

1. Wikipedia

Pengertian Ebook menurut Wikipedia adalah publikasi buku yang tersedia dalam bentuk digital, terdiri dari teks, gambar, atau keduanya, dapat dibaca di layar komputer layar datar atau perangkat elektronik lainnya. Meskipun kadang-kadang didefinisikan sebagai “versi elektronik dari buku cetak”, beberapa e-book dibuat tanpa adanyak versi cetak.

2 . Whalts

Pengertian Ebook menurut Whalts.com adalah versi elektronik dari buku cetak tradisional yang dapat dibaca dengan menggunakan komputer pribadi atau dengan menggunakan e-book reader.

3. Oxford Dictionaries

Pengertian ebook menurut Oxforddictionaries.com adalah versi elektronik dari buku cetak yang bisa dibaca di komputer atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk tujuan ini.



Fungsi Buku Digital :
  • Sebagai salah satu alternatif media belajar.
  • Berbeda dengan buku cetak, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
  • Sebagai media berbagi informasi.
  • Dibandingkan dengan buku cetak, buku digital dapat disebarluaskan secara lebih mudah, baik melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital yang lain. 
  • Seseorang dengan mudah dapat menjadi pengarang serta penerbit dari buku yang dibuatnya sendiri.

1. Sebagai Media Informasi
Dengan adanya buku digital, informasi dapat disebarluaskan dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan buku konvensional. Buku konvensional dapat diperoleh melalui perpustakaan atau toko buku, sedangkan buku digital dengan gampang diperoleh melalui internet. Bagi penulis buku tidak perlu repot untuk ke penerbitan, mereka dapat menyebarkannya sendiri dengan mudah melalui internet.
2. Sebagai Media Pembelajaran
Bagi seorang pengajar biasanya membutuhkan bahan ajar untuk mendukung kegiatan belajar di kelas. Namun untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, guru akan membuat bahan ajar semenarik mungkin agar siswa dengan mudah memahaminya. Dengan menggunakan buku digital, bahan ajar tersebut dapat disajikan dengan konten multimedia sehingga menjadi lebih menarik dan interaktif.
 3. Sebagai Media Bisnis
Buku digital menjadi alternatif bagi penulis buku yang kesulitan dalam hal penerbitan. Karena pada dasarnya buku diterbitkan dengan menggunakan media kertas dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Maka dengan adanya buku digital ini penulis dapat mempublikasikan karyanya secara komersil melalui internet. Selain itu, karyanya juga akan dilindungi dengan hak cipta.
Beberapa tujuan ebook atau buku digital lainnya adalah:
1. Memudahkan Pembuatan Buku
Ebook adalah salah satu solusi bagi mereka yang ingin mengeluarkan buku namun kesulitan dalam pembuatannya. Seperti kita ketahui, proses pembuatan buku cetak cukup panjang dan terbilang sulit.
Hal ini tidak terjadi jika kita membuat buku digital. Namun, tentu saja format ebook tersebut harus dibuat semenarik mungkin agar layak untuk disebarkan atau dijual.
2. Menghemat Biaya Pembuatan Buku
Pembuatan buku cetak biayanya cukup besar karena masih menggunakan peralatan konvensional. Berbeda halnya dengan pembuatan ebook, biayanya nyaris tidak ada bahkan bisa gratis.
3. Memudahkan Proses Penyebaran Informasi
Penyebaran ebook sangat mudah dilakukan, yaitu melalui media internet dan juga peralatan elektronik lainnya seperti flashdisk atau hardisk.
4. Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar
Dengan adanya ebook maka proses belajar dan mengajar menjadi lebih mudah. Pengajar bisa membuat materi pelajaran dalam bentuk ebook lalu mengirimkannya kepada muridnya.
Dari sisi pelajar tentu saja akan sangat dimudahkan karena bisa mempelajari materi pelajaran dalam bentuk ebook di mana saja dan kapan saja.
5. Melindungi Informasi yang Disebarkan
Ketika kita membuat sebuah ebook, kita bisa memberikan proteksi terhadap isi ebook tersebut. Caranya yaitu dengan memberikan password khusus, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membukanya.
Selain itu, buku digital tidak mudah rusak seperti halnya buku cetakan. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna ebook.

Jenis Buku Digital Berdasarkan Format

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa format buku digital yang tersedia :
1.     AZW – Amazon World, suatu format eBook kepemilikan Amazon, yang menyerupai format MOBI dengan tingkat kompresi tinggi. Terkadang format ini menyertakan DRM (Digital Right Management). DRM merupakan ID (nama unik) yang dikhususkan untuk Kindle Amazon.
2.    EPUB – Electronic Publication, suatu format yang didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (IDPF) mengacu pada XHTML dan XML. Hal itu merupakan standar yang berkembang. Spesifikasi ePub ini dapat dijumpai dari situs IDPF , Adobe, Barnes & Noble, Apple yang semuanya memiliki DRM sendiri. Untuk versi terbaru yaitu ePub 3 tidak digunakan secara luas.
3.   MOBI – MobiPocket, format yang dapat digunakan oleh hampir semua PDA dan Smartphone. Dalam PC Windows, MobiPocket dapat melakukan konversi file .chm, .doc, .html, .acf, .pdf, .rtf dan .txt kedalam format ini.
4.   PDB – Palm Database File, format yang memuat beberapa format buku digital berbeda untuk ditujukan ke perangkat berbasis Sistem Operasi Palm yang disebut PalmDOC.
5.     PDF – Portable Document Format, diciptakan oleh Adobe dalam produk Acrobat yang digunakan dalam pertukaran dokumen. Format tersebut didukung oleh semua platform komputer dan perangkat Smartphone. Walaupun demikian, terdapat beberapa perangkat yang bermasalah menggunakan format ini karena ukuran layar yang tidak sesuai dengan format PDF.
6.   KF8 – Kindle Fire Format, format yang hampir sama dengan ePub yang disusun dalam PDB dengan DRM Amazon.
7.      PRC – Palm Resource File, format yang menyertakan beberapa format buku digital MobiPocket dengan menggunakan e-reader atau AportisDOC.
8.   TPZ – Topaz File Extension, format yang digunakan oleh Amazon Kindle. Format ini mengatur layout pada halaman bersama dengan versi OCR yang tidak kedap suara. Selain itu, format ini digunakan untuk membuat buku-buku tua dengan cepat karena proses konversi yang otomatis.
9.    HTML – HyperText Markup Language, format yang merupakan bagian dari WWW (World Wide Web). Banyak teks yang didistribusikan ke dalam format ini. CSS (Cascading Style Sheet) merupakan gaya yang digunakan pada HTML.
10.  XHTML – eXtensible HyperText Markup Language, format yang disusun dengan konstruksi dari HTML. Format data standar yang digunakan adalah ePub.
11.  XML – eXtensible Markup Language, format yang digunakan untuk pertukaran data.
12.  CHM – Compressed HTML, format yang digunakan untuk distribusi teks dalam website.
13.  JPEG – Joint Photographic Experts Group, format yang memiliki ukuran yang besar dibanding dengan informasi teks. Pada umumnya, format ini didominasi oleh gambar.

Software untuk membuat Buku Digital :
ü  Sigil
ü  BlueGriffon
ü  Adobe inDesign CC
ü  Apple IBooks Author
ü  Adobe Digital Publishing Solution
ü  Calibre
ü  Mobipocket Creator
ü  ePUBee Maker

Manfaat E-Book
Ada banyak manfaat dari E-Book, antara lain:
  • Ukuran fisik kecil, KarenaeBook memiliki format digital, dia dapat disimpan dalam penyimpan data (harddisk, CD-ROM, DVD) dalam format yang kompak. Puluhan, bahkan ratusan, buku dapat disimpan dalam sebuah DVD sehingga tidak mengambil banyak tempat (ruangan yang besar).
  • Mudah dibawa, Beberapa buku dalam format eBook dapat dibawa dengan mudah, sementara itu membawa buku dalam format cetak sangat berat.
  • Tidak lapuk, eBook tidak menjadi lapuk layaknya buku biasa. Format digital dari eBook dapat bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah.
  • Mudah diproses, Isi dari eBook dapat dilacak, di-search dengan mudah dan cepat. Hal ini sangat      bermanfaat bagi orang yang melakukan studi literatur.
  • Dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak dapat membaca, Karena format eBook dapat diproses oleh komputer, maka isi dari eBook dapat dibacakan oleh sebuah komputer dengan menggunakan text to speech synthesizer. Tentunya riset masih dibutuhkan untuk membuat teknologi pembacaan yang bagus. Selain untuk orang buta, pembacaan ini juga dapat digunakan oleh orang yang buta huruf. Selain itu peragaan juga dapat diset dengan menggunakan huruf (font) yang besar bagi orang yang sulit membaca dengan huruf kecil.
  • Penggandaan (duplikasi, copying), eBook  sangat mudah dan murah. Untuk membuat ribuan copy dari eBook dapat dilakukan dengan murah, sementara untuk mencetak ribuan buku membutuhkan biaya yang sangat mahal. (Tentunya kemudahan penggandaan ini memiliki efek ganda, yaitu mudah dibajak. Tapi ini cerita lain.)
  • Mudah didistribusikan, Pendistribusian dapat menggunakan media elektronik seperti Internet. Pengiriman  eBook dari Amerika ke Indonesia dapat dilakukan dalam orde waktu menit dan murah. Buku langsung dapat dibaca sekarang juga. Pengiriman buku secara fisik membutuhkan waktu yang lama (harian & bahkan mingguan) dan mahal. Belum lagi ada masalah buku yang hilang diperjalanan. Proses distribusi secara elektronik ini memungkinkan adanya perpustakaan elektronik dimana seseorang dapat meminjam buku melalui Internet (check out counter di Internet) dan buku akan dikembalikan setelah masa peminjaman berlalu. Perusahaan Adobe tengah percobaan ini.

Kelebihan dan Kekurangan dari Ebook

1. Kelebihan Ebook

·     Lebih Ringkas: ebook atau buku digital terbukti jauh lebih ringkas dibandingkan dengan buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat genggam lainnya dapat membuka ebook kapan saja dan di mana saja
·      Lebih Awet: karena bentuknya digital, tentu saja ebook lebih awet dan tidak mudah rusak seperti halnya buku cetak.
·   Lebih Murah: Proses pembuatan ebook sangat mudah dan murah sehingga harganya cenderung lebih murah dibanding buku cetakan
·   Ramah Lingkungan: ebook tidak membutuhkan tinta dan kertas sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan buku cetak yang terbuat dari kertas dan tinta.

2. Kekurangan Ebook

·   Tidak Bisa Dipegang: memang sebagian besar orang lebih suka yang ringkas. Namun, beberapa orang lebih suka memegang buku ketimbang gadget dan ini tidak bisa diberikan oleh ebook
·     Ukuran Huruf Lebih Kecil: pada umumnya ukuran huruf pada ebook cenderung lebih kecil dibanding pada buku cetak, apalagi bila membukanya di ponsel.
·    Membuat Mata Cepat Lelah: ketika membaca ebook, cahaya dari perangkat ponsel atau perangkat genggam lainnya akan membuat mata cepat lelah. Penggunaannya jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada mata, misalnya mata minus.

Berikut langkah-langkah membuat D-Book menggunakan 3D Pageflip Pro :
1.   Buka komputer, kemudian klik 3D Pageplip Pro.

2.  File yang mau dibuat digital harus berupa type pdf. Contohnya saja, yang didalamnya berisi lengkap dalam artian harus ada cover, kata pengantar,daftar isi, materi, penutup, dan daftar pustaka.
3.  Jika filenya berupa type doc. Tidak usah risau tapi ubah saja dahulu ke format type pdf, dengan cara mengconvertnya.
4.  Setelah selesai dalam bentuk pdf, lalu simpan di mana saja " lokal D lebih aman untuk menyimpan file" .
5.  Setelah dibuka 3D Pageplip Pro,  klik "try"


6.  Setelah di klik try, lalu klik "create new"akan muncul seperti gambar di bawah ini.

7.    Bila ingin merubah tema background, klik "select template"kemudian klik "ok" 

8.  Setelah muncul gambar berikut lalu klik " ok" .


9.  Setelah ok muncul gambar berikut, kemudian , klik "browse" untuk mencari file yang sudah disimpan sebelumnya .
10. Pilihlah file yang disimpan sebelumnya lalu klil "ok"

9.   Ketika di klik "import" maka akan muncul tanda hijau sebagai gambar sedang memproses. jadi harus ditunggu sampai tanda hijaunya hilang.


         10.  Bila selesai, maka akan muncul gambar berikut.


         11. Bila ada perubahan baik itu musik, klik "edit page".


         12. Perubahan berupa gambar, musik, maupun video secara perlangkah dengan cara klik                           gambar sebelah kiri yang  berukuran kecil memanjang ke bawah , buat kotak kecil ke                           lembar teks disebelah kanan  besar , klik 2x pada kotak tersebut, pilih file yang diinginkan,                 lalu untuk menyimpannya  klik " file and exit"


         13. Setiap selesai yang diubah, lalu  klik "apply change" seperti gambar berikut ini.

14. Jika sudah selesai, langkah terakhir klik "publish".


Selamat Mencoba  dan Semoga Bermanfaat !!!

 DAFTAR PUSTAKA:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahukah anda ,,,,SCANNER ?????

TEAM VIEWER ...PENOLONG MANUSIA !!!

SKYPE ,,,,CARA MUDAH UNTUK BERKOMUNIKASI !!!