internet yang kedua


KAJIAN PUSTAKA

A. PENGERTIAN INTERNET
Munir (2012 : 228) menyatakan bahwa Internet (Interconnected Network)  merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Dengan Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan  memperoleh informasi.  Dengan begitu maraknya informasi dan kegiatan di Internet, menjadikan Internet seakan-akan sebagai dunia tersendiri yang tanpa batas. Dunia didalam Internet disebut juga dengan dunia maya (cyberspace). Sebuah medan, menawarkan saluran komunikasi baru.
Berikut beberapa definisi internet lainnya menurut para ahli :
1.      Daryanto (2007) , bahwa internet adalah jaringan komputer  yang bersifat global atau juga sebagai suatu kumpulan dari jaringan  (network of networks) yang menyeluruh dan menggunakan protocol TCP/IP untuk berhubungan seperti virtual networks.

2.      Greenlaw and Hap (Wikipedia), Internet adalah suatu sistem informasi yang terhubung secara logika oleh address yang unik secara global dan mengacu pada Internet Protocol (IP), serta mendukung komunikasi dengan menggunakan TCP/IP , menggunakan, menyediakan, dan membuatnya dapat diakses baik secara umum dan juga secara khusus.

3.      Turban dkk (Wikipedia), Internet juga dapat dikatakan sebagai suatu  jaringan besar yang menghubungkan jaringan antar komputer baik dari organisasi pemerintahan , organisasi bisnis, dan sekolah-sekolah dari seluruh dunia secara langsung dan cepat.
4.      O’Brien (Munir) , berpendapat internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan pendidikan yang berhubungan dengan jutaan komputer dan penggunanya banyak sekali.
5.      Setiadi (2008 ) , bahwa Internet  yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi. Hubungan antar komputer ini menggunakan apa yang disebut protokol Internet (Internet Protocol). Internet menghubungkan komputer di seluruh dunia yang jumlahnya dapat mencapai ratusan juta buah.
Berdasarkan berbagai perrnyataan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan internet adalah suatu jaringan komputer yang berhubungan dengan komputer lainnya di seluruh dunia secara umum dengan langsung dan cepat.
B. KARAKTERISTIK DAN FUNGSI INTERNET
Internet memiliki karakteristik dan fungsi yang jelas sebagai berikut:
1.    Sebuah jaringan, menghubungkan berbagai individu dan organisasi.
2.    Sebuah pasar, menawarkan pasar yang terbuka dan sangat luas dengan banyak pelanggan potensial.
3.    Sebuah tempat transaksi, memungkinkan orang dan bisnis untuk menyelesaikan transaksi on line financial.
4.    Sebuah  tempat pengembangan aplikasi, memungkinkan pengembang piranti lunak untuk menggunakannya sebagai dasar untuk mengembangkan banyak aplikasi.
Memperhatikan daya tarik internet, muncul pertanyaan, media apakah yang akan digantikan internet, Banyak orang telah membuat prediksi bahwa industri percetakan (kertas) akan menjadi tidak berdaya jika teknologi on-line dikembangkan. Begitu juga dengan keberadaan CD-ROM yang juga ditafsirkan akan mengambil alih peranan on-line, apalagi buku dan jurnal cetak. Tetapi, sampai sekarang ini, tidak ada media lainnya yang telah menggantikan peranan media yang lain sepenuhnya, walaupun kepopuleran semua media yang lama terdesak dengan adanya media yang lebih baru. 
Dengan kata lain, internet tidak dapat menggantikan media cetak, CD-ROM, mikroform, on-line. Internet hanyalah contoh dari aneka ragam media untuk menyebarkan berbagai macam informasi. Media mana yang lebih baik daripada media yang lainnya untuk memudahkan kita mencari informasi yang berkualitas, baru dan sesuai? Permasalahan itu susah dijawab, karena kemudahan mendapatkan informasi yang dikehendaki itu bukan saja bergantung pada kapasitas teknologi, tetapi juga keahlian sendiri dalam mencari, mengolah dan menyampaikannya. Berdasarkan apa yang terjadi sekarang, ternyata buku dan jurnal tercetak merupakan media yang paling terpengaruh oleh keberadaan internet. Sebaliknya, industri online mendapat prospek baru, karena kepopuleran internet.  
C. JARINGAN INTERNET
Internet adalah jaringan komputer terbesar yang menghubungkan jutaan komputer yang tersebar antar kota, antar provinsi, antar negara, dan bahkan di seluruh penjuru dunia. Jaringan komputer tersusun atas berbagai jenis komputer dan sistem operasi. Internet ini tidak terikat pada satu organisasi pun, siapa saja dapat bergabung dan dapat menggunakannya untuk melakukan akses informasi apa saja, seperti untuk melakukan proses pembelajaran. Dengan menggunakan jaringan komputer ini, sebuah organisasi dapat melakukan pertukaran informasi secara internal ataupun eksternal dengan organisasi-organisasi yang lain. Internet adalah jaringan komputer yang global tanpa sebuah pengontrolan yang sentralistik yang telah menjadi “information superhighway”. Untuk dihubungkan pada internet, seorang anggota jaringan harus mengirim dan menerima paket data dengan menggunakan protocol suite TCP/IP. Setiap orang dapat dihubungkan pada internet via sebuah penyedia jasa internet (internet service provider). 
Internet adalah sebuah jaringan besar yang terdiri dari berbagai jaringan yang meliputi jaringan bersifat pendidikan dan riset serta menghubungkan jutaan komputer di dalam jaringan-jaringan tersebut. WWW adalah sistem client/server yang dirancang untuk menggunakan dokumen hypertext dan hypermedia via internet. WWW menggunakan HTTP (HyperText Transfer Protocol) untuk bertukar informasi, image, dan data lain. Dokumen diformat dalam HTML (Hyper Markup Language) yang digunakan untuk menciptakan halaman dan dokumen yang disajikan dalam Web. URL merupakan singkatan dari Uniform Resources Locator adalah cara standar yang digunakan untuk menentukan situs atau halaman pada internet. URL merupakan cara standar untuk menampilkan informasi tentang jenis isi dan lokasi file: nama file, lokasi komputer di internet, letak file di dalam komputer, dan protokol internet yang digunakan untuk mengakses file itu. 
D.  SARANA INTERNET
Selain sarana jaringan, kita dapat menambahkan sarana internet agar jaringan tersebut dapat terhubung dengan internet yaitu salah satunya dengan modem (Enterprise , 2008:11).
Modem merupakan kependekan dari modulator-demolator yang berfungsi untuk menghubungkan dan menerima data dari satu PC ke PC yang lain melalui saluran telepon. Data tersebut disalurkan secara digital pada saluran  telepon  menggunakan sistem data analog. Jadi, modem juga bisa digunakan sebagai alat penukar data dari bentuk digital ke analog atau sebaliknya.
Menurut jenisnya, model dibedakan menjadi dua macam, yaitu model internal dan modem eksternal.
1.    Model Internal
Modem internal adalah modem berbentuk card yang biasanya dipasang pada slot PCI sehingga disebut sebagai modem PCI. Modem internal ini dibedakan menjadi software modem dan hardware  modem.
-          Software modem adalah modem yang berhubungan dengan sistem yang ada di dalam PC untuk menjalankan fungsinya.
-          Hardware  modem adalah modem yang menggunakan perangkat dari modem itu sendiri untuk menjalankan fungsinya sehingga tidak akan mengganggu sistem PC ketika sedang berjalan.
Dengan demikian, dari keduan jenis modem internal ini, hardware modem lebih menguntungkan untuk digunakan. Disamping itu, jenis modem ini memiliki kerugiannya yaitu lebih rawan disambar petir dibandingkan modem eksternal .
2.      Modem Eksternal
Modem eksternal mempunyai beragam bentuk, seperti bulat, berbentuk telur, dan masih banyak lagi. Modem jenis ini biasnaya dihubungkan melalui kabel ke port COM1, COM2, atau port lain yang sesuai dengan PC. Jenis modem ini digunakan tanpa harus terhubung PC. Jadi, jika modem ini  rusak, aktivitas PC tetap berjalan. Beberapa keuntungan  lainya adalah berpindahnya data melalui internet menjadi lebih cepat. Selain itu , dapat berpindahnya jenis ini juga dilengkapi dengan lampu yang menunjukkan proses kerja  modem digunakan.
E.  APLIKASI-APLIKASI INTERNET
            Pada internet terdapat beberapa aplikasi yang banyak dimanfaatkan manusia sebagai pengguna. Menurut Setiadi (2008 : 163), aplikasi-apilkasi tersebut diantaranya:
1. Mozilla
Aktifitas dasar pengguna Internet adalah browsing atau berpindah-pindah dari website satu ke website lain untuk mencari informasi. Karena itu setiap pengguna Internet membutuhkan perangkat lunak untuk melihat halaman web. Perangkat lunak semacam itu disebut browser. Sistem operasi Linux menyediakan banyak aplikasi browser yang dapat Anda gunakan, di antaranya Mozzila Firefox, Opera for Linux, Galeon, dan Konqueror.
2. Galeon
Browser Galeon biasanya disertakan dalam paket GNOME. Browser ini sebenarnya tidak berbeda dengan browser-browser lain. Namun, tampilan Galeon yang sederhana membuatnya mudah digunakan. Untuk  membuka browser Galeon, Anda dapat memilih menu Application → Internet → Galeon. Setelah jendela Galeon terbuka, Anda tinggal memasukkan alamat website ke dalam address bar, kemudian menekan . 
3. Evolution mail Anda dapat mengirim dan menerima e-mail melalui dua macam cara. Cara pertama adalah menggunakan web browser. Cara yang kedua adalah menggunakan software khusus untuk e-mail yang disebut e-mail client. Perbedaan antara mengirim e-mail melalui web browser dan mengirim e-mail dengan aplikasi e-mail client terletak pada aplikasi yang digunakan . Untuk memulai Evolution mail, adalah pilih menu Application → Internet → Evolution.
Komponen agenda yang dimiliki Evolution antara lain:
a. Mail, untuk mengirim dan membaca email
b. Contact, sebagai address book atau buku alamat
c. Calendar, sebagai time scheduler atau buku janji
d. Memo, untuk membuat catatan-catatan penting
e. Task, sebagai daftar agenda kerja
4. Thunderbird mail adalah perangkat lunak e-mail client yang juga dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Fungsi Thunderbird sebenarnya tidak berbeda dengan Evolution, yakni sebagai e-mail client agar pengguna Internet dapat mengelola emailnya dengan baik.
5.  Pidgin  termasuk dalam kategori software instant messenger, yaitu sebuah perangkat lunak untuk mengirim pesan singkat antara pengguna komputer. Sebelum bernama Pidgin, aplikasi ini bernama Gaim. Kegiatan mengirim pesan dengan  instan  messenger lebih populer disebut chatting. Berbeda dengan e-mail, pesan yang dikirim dengan instant messenger lebih mirip dengan SMS pada telepon seluler. Seorang mengirim pesan, kemudian si penerima langsung membalasnya jika keduanya sama-sama online. Dapat dikatakan bahwa pesan yang dikirim menggunakan instant messanger bersifat realtime.  Kemudian, ketikkan pesan pada jendela pesan dan . Sesaat kemudian, user tersebut akan mendapatkan pesan Anda, kemudian membalasnya.
6. Kopete, messenger lain yang berjalan di Linux adalah Kopete. Aplikasi ini biasanya sudah masuk dalam paket paket GNOME. Untuk mengaktifkan Kopete, dapat memilih menu Application → Internet → Kopete sehingga muncul tampilan . Seperti halnya instant messenger lain, jendea Kopete memiliki dua bagian, yakni bagian untuk menunjukkan user-user yang sedang online dan bagian untuk mengirim pesan.
F.  Istilah internet
Berikut keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari beberapa aplikasi tersebut. (Daryanto , 2007: 145)
·         about = ihwal, perihal, mengenai, tentang
·         account = akun
·         admin = administrator
·         attachment = lampiran
·         bandwidth = lebar pita
·         bookmarks = tandai, beri markah, markah buku
·         blog = blogging, halaman ber-artikel
·         broadband = pita lebar, jalur lebar
·         browser = peramban, penjelajah
·         bulletin board = papan buletin
·         cache = singgahan
·         captcha = pemeriksaan keamanan untuk menghindari spam otomatis
·         carbon copy/cc (e-mail) = tembusan
·         chat = obrol, obrolan, rumpi
·         crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
·         collission = tabrakan data
·         connection = sambungan
·         copy = salin, kopi, ganda
·         cut = potong
·         cyberspace = ranah maya
·         database = pangkalan data, basis data
·         delay = tundaan
·         delete/del = hapus
·         device = peranti, perangkat
·         domain = ranah
·         download = unduh, ambil data, muat turun
·         edit = sunting, ubah
·         e-mail = imel, ratel / surel / surat-e (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat digital
·         forward/fwd (e-mail) = terusan
·         hacker = peretas, pemodifikasi data, perusak sistem
·         home = beranda
·         homepage = laman
·         hosting = hosting
·         hyperlink = pranala
·         interference = interferensi, gangguan signal
·         install = instalasi, pasang
·         interface = antarmuka
·         keyword = kata kunci
·         lag = lambat
·         link = taut, kait, pautan, pranala
·         load = muat
·         login / log on = log masuk, masuk log, lihat sign in
·         logout / log off = log keluar, keluar log, lihat sign out
·         mailing list = milis, senarai, forum ratel
·         newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
·         network = jaringan
·         networking = jejaring
·         noise = derau
·         offline = luring (luar jaringan), tidak terhubung, terputus
·         online = daring (dalam jaringan), terhubung, tersambung
·         passphrase = frasa sandi, kalimat sandi
·         password = kata sandi
·         paste = tempel, rekatkan
·         preview = pratayang, pratonton, pratilik
·         internet service provider = penyelenggara jasa internet
·         save = simpan
·         scan = pindai
·         search = mencari
·         setting = setelan, pengaturan
·         server = peladen
·         share / sharing = berbagi
·         sign in / sign on = catat masuk, lihat login
·         sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
·         site = situs
·         social media = media sosial
·         surfing = berselancar, selancar maya
·         tweet = kicauan, cericau
·         update = pemutakhiran, pembaruan
·         upload = unggah, muat naik
·         user = pengguna
·         username = nama pengguna
·         virtual reality = realitas maya
·         webpage = halaman web
·         website = situs web
·         wireless = nirkabel, radio
·         world wide web (www) = waring wera wanua

Faktor  utama daya tarik internet adalah kemampuannya dapat mengakses informasi  teks, audio, gambar, ilustrasi dan lain-lain dari berjuta-juta web di internet dengan lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan media komunikasi/informasi yang lain. Salah satu cara untuk mencari informasi di internet adalah dengan menggunakan search engines. Search engines internet, yang popular diantaranya google, AltaVista, Excite, HotBot, Infoseek, Lycos, Open Text, MetaCrawler, WebCrawler dan Yahoo. 
G. PENGEMBANGAN TEKNOLOGI  INTERNET DALAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Menurut Dal Pian dan Dal Silveira (dalam Munir:2008)  keberadaan teknologi internet dapat membantu (1) menghasilkan atau menumbuh-kembangkan nilai-nilai baru, (2) menjangkau peserta didik dalam jumlah yang besar, dan (3) memberdayakan individu dan kelompok sosial. Dalam kaitan ini, fungsi internet adalah sebagai media pembelajaran. Melalui pemanfaatan internet, seseorang dapat membelajarkan dirinya sehingga memperoleh nilai-nilai baru yang dikembangkan di dalam dirinya, atau memantapkan berbagai pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. 
Nilai-nilai ini pun berkenaan dengan perkembangan pengetahuan dunia internasional, sehingga wawasan yang didapat pun akan mengkaitkan dengan perkembangan global. Internet merupakan suatu alat atau sarana pembelajaran yang ampuh karena kemampuan atau potensi yang dimilikinya yang memungkinkan dikembangkannya masyarakat dan peserta didik yang bersifat global. Proses transfer pengetahuan dilaksanakan lewat aktivitas pembelajaran melalui internet. Hal ini akan menjadi baru di dalam dirinya, atau memantapkan berbagai pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya.
Keberadaan internet merupakan suatu alat atau sarana pembelajaran yang ampuh karena kemampuan atau potensi yang dimilikinya yang memungkinkan dikembangkannya masyarakat dan peserta didik yang bersifat global. Adapun pembelajaran  bertujuan untuk membangun komunikasi lebih pada perkembangan teknologi dan sarana pengetahuan yang bersifat global, artinya bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara online dengan pengembangan website. 
H.           MANFAAT PROSES PEMBELAJARAN YANG MEMANFAATKAN INTERNET
Sehubungan dengan pembelajaran melalui pemanfaatan internet, dalam  proses pembelajaran diidentifikasi ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh sebagaimana yang dikemukakan Brown (dalam Munir) antara lain: 
1.           Meningkatkan kompetensi belajar peserta didik. 
2.           Meningkatkan keterampilan dan pengalaman mengajar dalam pengadaan materi pembelajaran. 
3.           Mengatasi masalah-masalah keterbatasan tenaga. 
4.           Meningkatkan efisiensi kerja. 
Fleksibilitas kegiatan pembelajaran, baik dalam arti interaksi peserta didik dengan materi pembelajaran, maupun interaksi antar peserta didik dengan pendidik, serta interaksi antara sesama peserta didik untuk mendiskusikan materi pembelajaran.  Internet memberikan peluang untuk:
a. meningkatkan akses terhadap informasi, 
b. mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan informasi, 
c. mengkomunikasikan gagasan dan informasi, 
d. merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan, 
e. bekerja sama dengan orang lain,
f. memecahkan berbagai masalah, dan
   g. memupuk mengembangkan pengertian kultural
Sedangkan Bates (dalam  Munir )mengidentifikasi 4 keuntungan atau manfaat kegiatan pembelajaran melalui internet, yaitu: 
1) Dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan pendidik atau pendidik (enhance interactivity).  2) Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).  3) Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience). 4) Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities). 
Selanjutnya, dalam  merencanakan pemanfaatan internet untuk pembelajaran, haruslah ditentukan terlebih dahulu apa yang menjadi fungsi dari pemanfaatan internet itu sendiri bagi kegiatan pembelajaran. 

I.  FUNGSI INTERNET SEBAGAI MULTIMEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Ada tiga fungsi internet (sebagai media) dalam proses pembelajaran, yaitu sebagai (1) komplemen (pelengkap), (2) supplemen (tambahan), atau (3) substitusi (pengganti) terhadap pembelajaran di lembaga pedidikan (Darmawan, 2011:38). Pada tahap perencanaan materi pembelajaran melalui pemanfaatan internet, haruslah terlebih dahulu ditentukan fungsi mana yang akan dipilih. Keputusan inilah yang akan mengarahkan para pendidik mengembangkan rancangan materi pembelajaran yang akan dimanfaatkan melalui internet. 
Fungsi manapun yang akan dipilih, para pendidik tentunya dituntut untuk belajar dari pendidik atau lembaga pendidikan lain yang telah lebih dahulu berpengalaman menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui pemanfaatan internet. 
Sebelum menyelenggarakan kegiatan pemanfaatan internet untuk pembelajaran, pendidik merupakan faktor yang sangat menentukan dan keterampilannya memotivasi peserta didik menjadi hal yang krusial. Dengan demikian, pendidik haruslah bersikap transparan menyampaikan informasi tentang manfaat pembelajaran sehingga peserta didik dapat belajar secara baik untuk mencapai hasil belajar yang baik. Informasi yang dimaksudkan di sini mencakup Rankin (dalam Munir : 2008):
J.   Penggunaan Internet di tempat umum
Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.
Internet telah menarik perhatian  banyak pengguna-pengguna baru dari berbagai jenis kalangan penduduk di seluruh dunia. Organisasi- organisasi non-profit, persatuan buruh, sampai ke partai politik, mempercayai bahwa internet merupakan sebuah alat komunikasi yang sangat berguna. Internet membangun sebuah prospek baru dalam berkomunikasi tanpa batas. Layanan internet memungkinkan siapa pun yang memiliki akses dan terhubung dengan bantuan media sebuah komputer atau smartphone untuk mengirim atau menerima e -mail ke atau dari orang lain yang memiliki jaringan internet. (Grant & Meadows dalam  Wikipedia)

DAFTAR PUSTAKA
Adri, M. 2008. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Pembelajaran1. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com
Darmawan, D.  2011.  Teknologi  Pembelajaran..  Bandung  :  PT   Remaja
Rosdakarya
Daryanto. 2007. Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer. Bandung :CV.Yrama Widya
Enterprise, J. 2008. Membuat Jaringan Komputer Tanpa Bantuan Teknisi. Jakarta : PT. Elex edia Komputindo
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Setiadi, J.A. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kelas X Semester I. Jakarta : Kemenriset RI
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet diakses pada tanggal 20 April 2018  pukul 20.08
http://semnas.amikom.ac.id/document/pdf/677.pdf diakses pada tanggal 20 April 2018  pukul 20.23
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_pencari#Kelebihan_internet diakses pada tanggal 20 April 2018  pukul 21.09
https://id.wikipedia.org/wiki/Peran_internet diakses pada tanggal 20 April 2018  pukul 21.12
https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_istilah_Internet_Indonesia diakses pada tanggal 20 April 2018  pukul 22.20


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahukah anda ,,,,SCANNER ?????

TEAM VIEWER ...PENOLONG MANUSIA !!!

SKYPE ,,,,CARA MUDAH UNTUK BERKOMUNIKASI !!!