KAJIAN PUSTAKA
A. PENGERTIAN INTERNET
Munir (2012 : 228) menyatakan bahwa Internet
(Interconnected Network) merupakan
jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh
dunia. Dengan Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi,
berbagi dan memperoleh informasi. Dengan begitu maraknya informasi dan kegiatan
di Internet, menjadikan Internet seakan-akan sebagai dunia tersendiri yang
tanpa batas. Dunia didalam Internet disebut juga dengan dunia maya (cyberspace). Sebuah medan, menawarkan
saluran komunikasi baru.
Berikut beberapa definisi internet lainnya
menurut para ahli :
1. Daryanto
(2007) , bahwa internet adalah jaringan komputer yang bersifat global atau juga sebagai suatu
kumpulan dari jaringan (network of
networks) yang menyeluruh dan menggunakan protocol TCP/IP untuk berhubungan
seperti virtual networks.
2. Greenlaw
and Hap (Wikipedia), Internet adalah suatu sistem informasi yang terhubung
secara logika oleh address yang unik secara global dan mengacu pada Internet
Protocol (IP), serta mendukung komunikasi dengan menggunakan TCP/IP ,
menggunakan, menyediakan, dan membuatnya dapat diakses baik secara umum dan
juga secara khusus.
3. Turban
dkk (Wikipedia), Internet juga dapat dikatakan sebagai suatu jaringan besar yang menghubungkan jaringan
antar komputer baik dari organisasi pemerintahan , organisasi bisnis, dan
sekolah-sekolah dari seluruh dunia secara langsung dan cepat.
4. O’Brien
(Munir) , berpendapat internet merupakan jaringan komputer yang berkembang
pesat dari jutaan pendidikan yang berhubungan dengan jutaan komputer dan
penggunanya banyak sekali.
5. Setiadi
(2008 ) , \bahwa Internet yaitu hubungan
antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer
saling bertukar informasi. Hubungan antar komputer ini menggunakan apa yang
disebut protokol Internet (Internet Protocol). Internet menghubungkan komputer
di seluruh dunia yang jumlahnya dapat mencapai ratusan juta buah.
Berdasarkan berbagai
perrnyataan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan internet
adalah suatu jaringan komputer yang berhubungan dengan komputer lainnya di
seluruh dunia secara umum dengan langsung dan cepat.
B. KARAKTERISTIK DAN FUNGSI
INTERNET
Internet memiliki
karakteristik dan fungsi yang jelas sebagai berikut:
1.
Sebuah jaringan, menghubungkan berbagai
individu dan organisasi.
2. Sebuah pasar, menawarkan pasar yang
terbuka dan sangat luas dengan banyak pelanggan potensial.
3.
Sebuah tempat transaksi, memungkinkan
orang dan bisnis untuk menyelesaikan transaksi on line financial.
4. Sebuah tempat pengembangan aplikasi, memungkinkan
pengembang piranti lunak untuk menggunakannya sebagai dasar untuk mengembangkan
banyak aplikasi.
Memperhatikan daya tarik internet,
muncul pertanyaan, media apakah yang akan digantikan internet, Banyak orang
telah membuat prediksi bahwa industri percetakan (kertas) akan menjadi tidak
berdaya jika teknologi on-line dikembangkan. Begitu juga dengan keberadaan
CD-ROM yang juga ditafsirkan akan mengambil alih peranan on-line, apalagi buku
dan jurnal cetak. Tetapi, sampai sekarang ini, tidak ada media lainnya yang telah
menggantikan peranan media yang lain sepenuhnya, walaupun kepopuleran semua
media yang lama terdesak dengan adanya media yang lebih baru.
Dengan kata lain, internet tidak dapat
menggantikan media cetak, CD-ROM, mikroform, on-line. Internet hanyalah contoh
dari aneka ragam media untuk menyebarkan berbagai macam informasi. Media mana
yang lebih baik daripada media yang lainnya untuk memudahkan kita mencari
informasi yang berkualitas, baru dan sesuai? Permasalahan itu susah dijawab,
karena kemudahan mendapatkan informasi yang dikehendaki itu bukan saja
bergantung pada kapasitas teknologi, tetapi juga keahlian sendiri dalam
mencari, mengolah dan menyampaikannya. Berdasarkan apa yang terjadi sekarang,
ternyata buku dan jurnal tercetak merupakan media yang paling terpengaruh oleh
keberadaan internet. Sebaliknya, industri online mendapat prospek baru, karena
kepopuleran internet.
C. JARINGAN INTERNET
Internet adalah jaringan komputer
terbesar yang menghubungkan jutaan komputer yang tersebar antar kota, antar
provinsi, antar negara, dan bahkan di seluruh penjuru dunia. Jaringan komputer
tersusun atas berbagai jenis komputer dan sistem operasi. Internet ini tidak
terikat pada satu organisasi pun, siapa saja dapat bergabung dan dapat
menggunakannya untuk melakukan akses informasi apa saja, seperti untuk
melakukan proses pembelajaran. Dengan menggunakan jaringan komputer ini, sebuah
organisasi dapat melakukan pertukaran informasi secara internal ataupun
eksternal dengan organisasi-organisasi yang lain. Internet adalah jaringan
komputer yang global tanpa sebuah pengontrolan yang sentralistik yang telah
menjadi “information superhighway”.
Untuk dihubungkan pada internet, seorang anggota jaringan harus mengirim dan
menerima paket data dengan menggunakan protocol suite TCP/IP. Setiap orang
dapat dihubungkan pada internet via sebuah penyedia jasa internet (internet
service provider).
Internet adalah sebuah jaringan besar
yang terdiri dari berbagai jaringan yang meliputi jaringan bersifat pendidikan
dan riset serta menghubungkan jutaan komputer di dalam jaringan-jaringan
tersebut. WWW adalah sistem client/server yang dirancang untuk menggunakan
dokumen hypertext dan hypermedia via internet. WWW menggunakan HTTP (HyperText Transfer Protocol) untuk
bertukar informasi, image, dan data lain. Dokumen diformat dalam HTML (Hyper
Markup Language) yang digunakan untuk menciptakan halaman dan dokumen yang
disajikan dalam Web. URL merupakan singkatan dari Uniform Resources Locator adalah cara standar yang digunakan untuk
menentukan situs atau halaman pada internet. URL merupakan cara standar untuk
menampilkan informasi tentang jenis isi dan lokasi file: nama file, lokasi
komputer di internet, letak file di dalam komputer, dan protokol internet yang
digunakan untuk mengakses file itu.
D.
SARANA INTERNET
Selain sarana jaringan, kita dapat
menambahkan sarana internet agar jaringan tersebut dapat terhubung dengan
internet yaitu salah satunya dengan modem (Enterprise , 2008:11).
Modem merupakan kependekan dari
modulator-demolator yang berfungsi untuk menghubungkan dan menerima data dari
satu PC ke PC yang lain melalui saluran telepon. Data tersebut disalurkan
secara digital pada saluran telepon menggunakan sistem data analog. Jadi, modem
juga bisa digunakan sebagai alat penukar data dari bentuk digital ke analog
atau sebaliknya.
Menurut jenisnya, model dibedakan
menjadi dua macam, yaitu model internal dan modem eksternal.
1. Model
Internal
Modem internal adalah
modem berbentuk card yang biasanya dipasang pada slot PCI sehingga disebut
sebagai modem PCI. Modem internal ini dibedakan menjadi software modem dan
hardware modem.
-
Software modem adalah modem yang
berhubungan dengan sistem yang ada di dalam PC untuk menjalankan fungsinya.
-
Hardware modem adalah modem yang menggunakan perangkat
dari modem itu sendiri untuk menjalankan fungsinya sehingga tidak akan
mengganggu sistem PC ketika sedang berjalan.
Dengan demikian, dari keduan jenis modem
internal ini, hardware modem lebih menguntungkan untuk digunakan. Disamping
itu, jenis modem ini memiliki kerugiannya yaitu lebih rawan disambar petir
dibandingkan modem eksternal .
2. Modem
Eksternal
Modem eksternal
mempunyai beragam bentuk, seperti bulat, berbentuk telur, dan masih banyak
lagi. Modem jenis ini biasnaya dihubungkan melalui kabel ke port COM1, COM2,
atau port lain yang sesuai dengan PC. Jenis modem ini digunakan tanpa harus
terhubung PC. Jadi, jika modem ini rusak, aktivitas PC tetap berjalan. Beberapa
keuntungan lainya adalah berpindahnya
data melalui internet menjadi lebih cepat. Selain itu , dapat berpindahnya
jenis ini juga dilengkapi dengan lampu yang menunjukkan proses kerja modem digunakan.
E. APLIKASI-APLIKASI INTERNET
Pada internet terdapat beberapa aplikasi yang banyak
dimanfaatkan manusia sebagai pengguna. Menurut Setiadi (2008 : 163),
aplikasi-apilkasi tersebut diantaranya:
1. Mozilla
Aktifitas
dasar pengguna Internet adalah browsing atau berpindah-pindah dari website satu
ke website lain untuk mencari informasi. Karena itu setiap pengguna Internet
membutuhkan perangkat lunak untuk melihat halaman web. Perangkat lunak semacam
itu disebut browser. Sistem operasi Linux menyediakan banyak aplikasi browser
yang dapat Anda gunakan, di antaranya Mozzila Firefox, Opera for Linux, Galeon,
dan Konqueror.
2. Galeon
Browser Galeon
biasanya disertakan dalam paket GNOME. Browser ini sebenarnya tidak berbeda
dengan browser-browser lain. Namun, tampilan Galeon yang sederhana membuatnya
mudah digunakan. Untuk membuka browser
Galeon, Anda dapat memilih menu Application → Internet → Galeon. Setelah
jendela Galeon terbuka, Anda tinggal memasukkan alamat website ke dalam address
bar, kemudian menekan .
3. Evolution
mail Anda dapat mengirim dan menerima e-mail melalui dua macam cara. Cara
pertama adalah menggunakan web browser. Cara yang kedua adalah menggunakan
software khusus untuk e-mail yang disebut e-mail client. Perbedaan antara
mengirim e-mail melalui web browser dan mengirim e-mail dengan aplikasi e-mail
client terletak pada aplikasi yang digunakan . Untuk memulai Evolution mail,
adalah pilih menu Application → Internet
→ Evolution.
Komponen agenda yang dimiliki Evolution antara lain:
a. Mail, untuk mengirim dan membaca email
b. Contact, sebagai address book atau buku alamat
c. Calendar, sebagai time scheduler atau buku janji
d. Memo, untuk membuat catatan-catatan penting
e. Task, sebagai daftar agenda kerja
4. Thunderbird
mail adalah perangkat lunak e-mail client yang juga dikembangkan oleh
Mozilla Foundation. Fungsi Thunderbird sebenarnya tidak berbeda dengan
Evolution, yakni sebagai e-mail client agar pengguna Internet dapat mengelola
emailnya dengan baik.
5. Pidgin termasuk dalam kategori software instant
messenger, yaitu sebuah perangkat lunak untuk mengirim pesan singkat antara
pengguna komputer. Sebelum bernama Pidgin, aplikasi ini bernama Gaim. Kegiatan
mengirim pesan dengan instan messenger lebih populer disebut chatting.
Berbeda dengan e-mail, pesan yang dikirim dengan instant messenger lebih mirip
dengan SMS pada telepon seluler. Seorang mengirim pesan, kemudian si penerima
langsung membalasnya jika keduanya sama-sama online. Dapat dikatakan bahwa
pesan yang dikirim menggunakan instant messanger bersifat realtime. Kemudian, ketikkan pesan pada jendela pesan
dan . Sesaat kemudian, user tersebut akan mendapatkan pesan Anda,
kemudian membalasnya.
6. Kopete,
messenger lain yang berjalan di Linux adalah Kopete. Aplikasi ini biasanya
sudah masuk dalam paket paket GNOME. Untuk mengaktifkan Kopete, dapat memilih
menu Application → Internet → Kopete sehingga muncul tampilan . Seperti halnya
instant messenger lain, jendea Kopete memiliki dua bagian, yakni bagian untuk
menunjukkan user-user yang sedang online dan bagian untuk mengirim pesan.
F.
Istilah internet
Berikut
keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari beberapa aplikasi tersebut. (Daryanto
, 2007: 145)
·
about = ihwal, perihal, mengenai, tentang
·
account = akun
·
admin = administrator
·
bandwidth = lebar pita
·
bookmarks = tandai, beri markah, markah
buku
·
cache = singgahan
·
carbon
copy/cc (e-mail)
= tembusan
·
chat = obrol, obrolan, rumpi
·
crash = bertabrakan (biasa untuk
perangkat lunak/keras bermasalah)
·
collission = tabrakan data
·
copy = salin, kopi, ganda
·
cut = potong
·
database = pangkalan data, basis data
·
delay = tundaan
·
delete/del = hapus
·
device = peranti, perangkat
·
domain = ranah
·
download = unduh, ambil data, muat
turun
·
edit = sunting, ubah
·
forward/fwd (e-mail) = terusan
·
hacker = peretas, pemodifikasi data,
perusak sistem
·
home = beranda
·
hyperlink = pranala
·
interference = interferensi, gangguan
signal
·
interface = antarmuka
·
keyword = kata kunci
·
lag = lambat
·
load = muat
·
login / log on = log masuk, masuk log, lihat sign
in
·
logout / log off = log keluar, keluar log, lihat sign
out
·
mailing list = milis, senarai, forum ratel
·
newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
·
network = jaringan
·
networking = jejaring
·
noise = derau
·
offline = luring (luar jaringan), tidak terhubung, terputus
·
online = daring (dalam jaringan), terhubung, tersambung
·
passphrase = frasa sandi, kalimat sandi
·
password = kata sandi
·
paste = tempel, rekatkan
·
preview = pratayang, pratonton, pratilik
·
save = simpan
·
scan = pindai
·
search = mencari
·
setting = setelan, pengaturan
·
server = peladen
·
share / sharing = berbagi
·
sign in / sign on = catat masuk, lihat login
·
sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
·
site = situs
·
social media = media sosial
·
surfing = berselancar, selancar maya
·
tweet = kicauan, cericau
·
update = pemutakhiran, pembaruan
·
upload = unggah, muat naik
·
user = pengguna
·
username = nama pengguna
·
virtual reality = realitas maya
·
webpage = halaman web
·
website = situs web
·
wireless = nirkabel, radio
·
world wide web (www) = waring wera wanua
Faktor utama daya tarik internet adalah kemampuannya
dapat mengakses informasi teks, audio,
gambar, ilustrasi dan lain-lain dari berjuta-juta web di internet dengan lebih
mudah dan cepat dibandingkan dengan media komunikasi/informasi yang lain. Salah
satu cara untuk mencari informasi di internet adalah dengan menggunakan search engines. Search engines internet,
yang popular diantaranya google,
AltaVista, Excite, HotBot, Infoseek, Lycos, Open Text, MetaCrawler, WebCrawler
dan Yahoo.
G. KRITIKAN TERHADAP INTERNET
Kritikan tentang internet diantaranya adalah jumlah pengguna bertambah
setiap waktu, tetapi informasi baru tidak bertambah sesuai dengan yang
diharapkan. Sekarang yang berlaku adalah dokumen yang sama dikemas lagi
(repackaged) atau diperbanyak versinya, maka diulang-ulang. Perbuatan itu hanya
besar dalam ukuran angka basisdata, tetapi bukan ukuran yang nyata dan hakiki.
Padahal yang diperlukan adalah informasi baru tentang ilmu dan informasi baru,
dan bukannya search engines yang baru tetapi menyiarkan informasi yang sama.
Internet bukanlah ‘a genuinely useful
information tool due to lack of organization and strcuture’. Internet
diibaratkan sebagai pasar raya informasi yang tidak terawat. Banyak pengguna
internet merasa perlu adanya panduan menggunakan internet yang bisa dipercaya. '
Kelemahan internet dari segi fungsinya
sebagai pemberi kemudahan mendapatkan informasi adalah:
Untuk sekarang ini, tidak ada lembaga
yang memainkan peranan sebagai pengatur dalam mengawasi isi kandungan informasi
yang disebarkan di internet. Internet Architeture Board dan Internet Society
hanya mengendalikan hal-hal bersifat teknis, termasuk menentukan protokol yang
baru dan sesuai di internet. Akibatnya, terdapat banyak informasi yang
mengumpat dan menghina orang lain dan yang lainnya di internet. Dari segi itu,
internet bisa juga dipandang sebagai dinding yang paling panjang di dunia bagi
sebagian orang untuk meluapkan perasaan marahnya yang terpendam di dalam
hatinya.
H.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INTERNET DALAM
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Menurut Dal Pian dan Dal Silveira (dalam
Munir:2008) keberadaan teknologi
internet dapat membantu (1) menghasilkan atau menumbuh-kembangkan nilai-nilai
baru, (2) menjangkau peserta didik dalam jumlah yang besar, dan (3)
memberdayakan individu dan kelompok sosial. Dalam kaitan ini, fungsi internet
adalah sebagai media pembelajaran. Melalui pemanfaatan internet, seseorang
dapat membelajarkan dirinya sehingga memperoleh nilai-nilai baru yang
dikembangkan di dalam dirinya, atau memantapkan berbagai pengetahuan yang telah
dimiliki sebelumnya.
Nilai-nilai ini pun berkenaan dengan
perkembangan pengetahuan dunia internasional, sehingga wawasan yang didapat pun
akan mengkaitkan dengan perkembangan global. Internet merupakan suatu alat atau
sarana pembelajaran yang ampuh karena kemampuan atau potensi yang dimilikinya
yang memungkinkan dikembangkannya masyarakat dan peserta didik yang bersifat
global. Proses transfer pengetahuan dilaksanakan lewat aktivitas pembelajaran
melalui internet. Hal ini akan menjadi baru di dalam dirinya, atau memantapkan
berbagai pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya.
Keberadaan internet merupakan suatu alat
atau sarana pembelajaran yang ampuh karena kemampuan atau potensi yang
dimilikinya yang memungkinkan dikembangkannya masyarakat dan peserta didik yang
bersifat global. Adapun pembelajaran
bertujuan untuk membangun komunikasi lebih pada perkembangan teknologi
dan sarana pengetahuan yang bersifat global, artinya bahwa pelaksanaan
pembelajaran dilaksanakan secara online dengan pengembangan website.
I.
MANFAAT
PROSES PEMBELAJARAN YANG MEMANFAATKAN INTERNET
Sehubungan dengan pembelajaran melalui
pemanfaatan internet, dalam proses pembelajaran diidentifikasi ada beberapa
manfaat yang dapat diperoleh sebagaimana yang dikemukakan Brown (dalam Munir)
antara lain:
1.
Meningkatkan kompetensi belajar peserta
didik.
2. Meningkatkan keterampilan dan pengalaman
mengajar dalam pengadaan materi pembelajaran.
3.
Mengatasi masalah-masalah keterbatasan
tenaga.
4.
Meningkatkan efisiensi kerja.
Fleksibilitas kegiatan pembelajaran,
baik dalam arti interaksi peserta didik dengan materi pembelajaran, maupun
interaksi antar peserta didik dengan pendidik, serta interaksi antara sesama
peserta didik untuk mendiskusikan materi pembelajaran. Internet memberikan peluang untuk:
a. meningkatkan akses terhadap
informasi,
b. mengumpulkan, menganalisis, dan
mengorganisasikan informasi,
c. mengkomunikasikan gagasan dan
informasi,
d. merencanakan dan mengorganisasikan
kegiatan,
e. bekerja sama dengan orang lain,
f. memecahkan berbagai masalah, dan
g.
memupuk mengembangkan pengertian kultural
Sedangkan Bates (dalam Munir )mengidentifikasi 4 keuntungan atau
manfaat kegiatan pembelajaran melalui internet, yaitu:
1)
Dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan
pendidik atau pendidik (enhance
interactivity). 2) Memungkinkan
terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility). 3) Menjangkau peserta didik dalam cakupan
yang luas (potential to reach a global audience). 4) Mempermudah penyempurnaan
dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as
archivable capabilities).
Selanjutnya, dalam merencanakan pemanfaatan internet untuk
pembelajaran, haruslah ditentukan terlebih dahulu apa yang menjadi fungsi dari
pemanfaatan internet itu sendiri bagi kegiatan pembelajaran.
J.
FUNGSI INTERNET SEBAGAI MULTIMEDIA DALAM
PROSES PEMBELAJARAN
Ada tiga fungsi
internet (sebagai media) dalam proses pembelajaran, yaitu sebagai (1) komplemen
(pelengkap), (2) supplemen (tambahan), atau (3) substitusi (pengganti) terhadap
pembelajaran di lembaga pedidikan (Darmawan, 2011:38). Pada tahap perencanaan
materi pembelajaran melalui pemanfaatan internet, haruslah terlebih dahulu
ditentukan fungsi mana yang akan dipilih. Keputusan inilah yang akan
mengarahkan para pendidik mengembangkan rancangan materi pembelajaran yang akan
dimanfaatkan melalui internet.
Fungsi manapun yang akan dipilih, para
pendidik tentunya dituntut untuk belajar dari pendidik atau lembaga pendidikan
lain yang telah lebih dahulu berpengalaman menyelenggarakan kegiatan
pembelajaran melalui pemanfaatan internet.
Sebelum menyelenggarakan kegiatan
pemanfaatan internet untuk pembelajaran, pendidik merupakan faktor yang sangat
menentukan dan keterampilannya memotivasi peserta didik menjadi hal yang
krusial. Dengan demikian, pendidik haruslah bersikap transparan menyampaikan
informasi tentang manfaat pembelajaran sehingga peserta didik dapat belajar
secara baik untuk mencapai hasil belajar yang baik. Informasi yang dimaksudkan
di sini mencakup Rankin (dalam Munir : 2008).
K. Budaya Internet
Jumlah pengguna Internet yang besar dan
semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai
pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan
mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses
Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan
perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telah
memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya
hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui
pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.
Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet
juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sleman yang
mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan
memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan
pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di
untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan
kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam Sama seperti halnya
sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal
dengan nama Nettiquette atau dalam
bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.
L. Penggunaan Internet di tempat umum
Internet juga semakin banyak digunakan
di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk
perpustakaan, dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses
Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.Terdapat
juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya
perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk
mendapatkan akses Internet.
Internet telah menarik perhatian banyak
pengguna-pengguna baru dari berbagai jenis kalangan penduduk di seluruh dunia.
Organisasi- organisasi non-profit, persatuan buruh, sampai ke partai politik,
mempercayai bahwa internet merupakan sebuah alat komunikasi yang sangat
berguna. Internet membangun sebuah prospek baru dalam berkomunikasi tanpa batas.
Layanan internet memungkinkan siapa pun yang memiliki akses dan terhubung
dengan bantuan media sebuah komputer atau smartphone untuk mengirim atau
menerima e -mail ke atau dari orang lain yang memiliki jaringan internet.
(Grant & Meadows dalam Wikipedia)
DAFTAR PUSTAKA
Adri, M. 2008. Pemanfaatan Internet sebagai
Sumber Pembelajaran1. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com
Darmawan,
D. 2011. Teknologi Pembelajaran.. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya
Daryanto. 2007. Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer.
Bandung :CV.Yrama Widya
Enterprise, J. 2008. Membuat
Jaringan Komputer Tanpa Bantuan Teknisi. Jakarta : PT. Elex edia
Komputindo
Munir. 2012. Multimedia
Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Setiadi, J.A. 2008. Teknologi Informasi dan
Komunikasi untuk Kelas X Semester I. Jakarta : Kemenriset RI
Komentar
Posting Komentar