SKYPE ,,,,CARA MUDAH UNTUK BERKOMUNIKASI !!!

Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Skype

Definisi Skype

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) yang dapat mempermudah penggunanya berkomunikasi via web cam dengan bersistem voip yang artinya berhubungan dengan suara seperti telepon. Skype ini didirikan oleh Niklas Zennström dan Janus Friis, pencipta Kazaa.

Fungsi dan Kegunaan :
1. Skype calling 
   Skype memiliki semua fitur telepon biasa sehingga lebih mudah 
   untuk mengatur panggilan .
2. Panggilan video
   Melihat siapa Anda berbicara pada saat yang sama seperti berbicar
   kepada mereka.
3. Tambahkan Skype dan SkypeOut kontak
   Tambah kontak yang menggunakan Skype dan mereka yang menggunakan 
   telepon biasa agar dapat menelpon lebih banyak orang.
4. Mengorganisir kelompok
   Kelompok kontak di bawah nama-nama tertentu dan membaginya           dengan 
kontak Anda sehingga mereka dapat berbicara dengan mereka 
   juga.Dasar chat dan emoticon - ketika itu tidak nyaman untuk 
   menelepon, chatting atau Instant Message (IM) kontak Anda.
5. Kelompok chatting
   Untuk saat ini lebih mudah untuk chatting atau Instant Message       (IM) semua teman Anda sekaligus.
6. Pengaturan profil
   Mengubah cara Anda muncul ke dunia dan membiarkan orang tahu 
   sedikit tentang pribadi.
7. Panggilan konferensi
   Berbicara dengan lebih dari satu teman pada suatu waktu.
8. Impor kontak - cari buku alamat Anda untuk menemukan teman dan 
   keluarga yang sudah memiliki nama Skype dan mulai menelepon         mereka secara gratis.
9. Lihat kontak Outlook
   Melihat dan panggilan Anda Microsoft Outlook ® kontak cepat dan 
   langsung dari daftar kontak Skype pribadi.
10.Quickfilter dan Speed-Dial
   Menemukan kontak Skype, chatting dan kontak SkypeOut terbaru 
   dengan cepat dan mudah, kemudian masukkan nama Skype mereka         untuk menelepon mereka kembali dengan cepat.

Manfaat Skype :

  • Gratis Komputer-ke-Komputer Panggilan
Manfaat utama Skype adalah memungkinkan anggota untuk membuat panggilan telepon gratis antara satu sama lain ketika login ke layanan menggunakan komputer atau melalui aplikasi mobile, seperti aplikasi Skype untuk iPhone. Jika Anda sign in ke account Skype Anda dan perhatikan salah satu orang dalam daftar kontak Anda juga sign in, Anda dapat berkomunikasi dengan dia, gratis, di salah satu dari tiga cara: chatting, panggilan suara atau video call.

  • Memanggil dan Texting Telepon
Skype juga memungkinkan para pengguna untuk menelepon dan mengirim pesan teks ke ponsel - meskipun dengan biaya kecil, salah satu yang bervariasi tergantung pada negara Anda menelepon dan lokasi dari mana Anda membuat panggilan. Setelah Anda membeli pra-bayar kredit Skype, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan teks secara harfiah seluruh dunia, baik menggunakan program komputer atau aplikasi mobile. Ini datang terutama berguna jika Anda bepergian tanpa ponsel bekerja: hanya menemukan koneksi Wi-Fi, hubungkan telepon Anda ke sana, meluncurkan aplikasi Skype dan membuat panggilan.

  • Skype akses internet
Membuat panggilan telepon dan mengirim pesan teks tidak hanya untuk penggunaan kredit Skype Anda. Dalam kemitraan dengan Boingo Internet selular nirkabel, Skype telah memperkenalkan "Akses Skype," yang memungkinkan Anda untuk menggunakan kredit Skype untuk membayar untuk akses ke fasilitas hotspot internet Boingo, yang dapat Anda temukan di kedai kopi, toko buku dan bahkan bandar udara di seluruh dunia. Akses Skype tidak mengharuskan Anda untuk menginstal perangkat lunak tambahan - jika sambungan tersedia, Skype secara otomatis akan meminta Anda untuk menggunakan kredit Anda yang tersedia untuk mendapatkan akses.

  • Online Jumlah dan Voice Mail
Untuk membantu memperluas manfaat dari Skype untuk mereka yang tidak peduli untuk menggunakan program, Skype telah memperkenalkan nomor online. Untuk biaya kecil - $ 18 untuk tiga bulan pada Februari 2011 - Anda dapat membeli sejumlah yang memungkinkan teman dan keluarga untuk menghubungi Anda dengan harga lokal seperti jika Anda menggunakan telepon, Anda hanya akan menjawab dengan Skype. Skype juga menawarkan layanan pesan suara - mulai dari $ 6 untuk tiga bulan pada Februari 2011 - yang memungkinkan orang-orang yang menghubungi Anda di Skype ketika Anda jauh meninggalkan pesan suara.

Keunggulan dan kelemahan skype
Keunggulan : 
  • Mampu mempermudah komunikasi dengan via chatting, kirim SMS, Conference, Sent File, Voicemail hingga Call Forward yang dapat memberikan informasi secara cepat dan akurat dengan adanya gambar dan suara yang dikirim melalui SKYPE yang menggunakan teknologi VOIP(voice over IP)
  • Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, misalnya menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.
  • Konferensi antar pengguna sampai dengan lima pengguna sekaligus.
  • memiliki kualitas suara yang sangat baik dan sangat aman dengan end-to-end enkripsi. 
  • Tidak perlu mengkonfigurasi firewall atau router atau peralatan jaringan lainnya.
  • Selain itu tidak hanya bekerja pada Windows. Skype juga untuk Mac OS X, Linux dan PDA menggunakan Pocket PC, dengan tampilan dan nuansa asli untuk setiap platform.
  • Berbicara, mengirimkan pesan instan atau bahkan transfer file bekerja antara platform yang berbeda seperti pesona.
Kelemahan :
Jika skype disalah gunakan untuk kejahatan seperti yang sekarang ini terjadi misalnya membocorkan informasi rahasia suatu instasi maka dengan cepat rahasia itu dapat terbongkar ke publik dan akan berdampak ketidak nyamanan bagi masyarakat yang melihat dan membacanya.
Cara Penggunaan Skype
Dengan sign up, register ke alamat skype. Anda juga perlu sekali sajameng-install software Skype. Setelah itu anda bisa langsung menggunakannya. Begitu mudahdan praktis serta banyak manfaaat yang bisa diambil dari penggunaan Skype. Bahkan di dunia barat penggunaan skype sudah menjadi hal biasa untuk meeting kerja maupun negosiasi bisnis.Skype sekarang juga mempunyai fasilitas tambahan yang semakin modern. Skype offlineinstaller dan skype for blackberry bisa didownload untuk penggunaan di blackberry. Ini tentusaja makin membuat Skype merupakan alat komunikasi favorit yang menghubungkan orang dan berkomunikasi di belahan bagian dunia manapun. Skype juga tersedia untuk Windows .

Analisis Proses pembelajaran presentasi kelas B:
Untuk pembelajaran jarak jauh melalui skype yang dilakukan oleh kelompok 4 kurang efektif dikarenakan beberapa hal, diantaranya :
  1. Persiapan kelompok 4 masih kurang matang, terlihat ketika waktu proses pembelajaran sudah dimulai masih saja kelompok tersebut mengotak ngatik peralatan yang akan digunakan.
  2. Ketika proses pembelajaran berlangsung, penampilan video dan suara tidak baik. Artinya, penampilan video kadangkala tidak tersambung (mati). Dan untuk suara, kadangkala terputus-putus, kurang jelas, bahkan sama halnya dengan video yaitu lost contect.
  3. Presentasi yang ditampilkan melalui ppt, tidak nampak jelas karena tulisan kecil disebabkan tidak memakai slide show.
  4. Kerja sama yang dilakukan oleh kelompok 4 masih kurang , terlihat masih mengandalkan oleh orang tertentu saja sehingga berakibat proses pembelajaran molor (tidak tepat waktu).
  5. Peralatan ataupun hal-hal yang mendukung pada proses pembelajaran jarak jauk menggunakan skype masih terbatas sehingga menghambat proses pembelajaran. 
DAFTAR ISI 

http://caramenggunakanskype.blogspot.com/2015/09/pengertian-dan-kegunaan-skype.html, diakses tanggal 7 Juli 2018 pukul 06.18
https://ulfahwulandariips2.wordpress.com/2012/11/03/pengertian-dan-manfaat-skype/, diakses tanggal 7 Juli 2018 pukul 06.21
https://www.scribd.com/document/334689549/Fungsi-Dan-Cara-Menggunakan-Skype, diakses tanggal 7 Juli 2018 pukul 06.22


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahukah anda ,,,,SCANNER ?????

TEAM VIEWER ...PENOLONG MANUSIA !!!